Cerita Satu Hari Transit di Pulau Bali

By Wulandari Robyanti - January 01, 2019

Kalau dihabiskan di rumah saja, rasanya satu hari tuh berjalan cepet banget. Bangun tidur, goler-goler, makan, nonton, main sosmed, dan gak kerasa udah mau sore aja. Tapi, kalau dibawa jalan-jalan, dalam satu hari 24 jam gue udah bisa ngelakuin banyak hal! Kali ini, gue mau menuangkan pengalaman gue tentang one day trip di Bali, tentang apa yang bisa dilakukan kalau lo cuma punya waktu satu hari di Bali, biasanya karena transit dari satu perjalanan ke perjalanan berikutnya. Selama ini, gue udah beberapa kali transit di Bali karena perjalanan dari atau ke timur, gue pernah transit pesawat cuma 5 jam sampe transit 11 jam! Dari yang buru-buru karena dikejar waktu, sampai ada waktunya gue bosen dan bingung harus ngapain lagi sambil nunggu jadwal pesawat. Di kiriman ini, gue mau cerita pengalaman gue saat transit di Bali selama 1 hari 1 malam. Iya, transit alias mampir doang karena perjalanan gue selanjutnya dimulai dengan keberangkatan dari Pulau Bali iniii!

Dari Lombok ke Bali

Hari itu, gue bangun pagi di Lombok, tepatnya di daerah Mataram. Gue siap-siap, mandi, sarapan, sebelum akhirnya dijemput Om Yayat dan diantar ke pelabuhan di arah utara selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Gue akan ke Bali menaiki fastboat, yang mana jarak Bali-Lombok bisa dipangkas hanya dalam waktu 1 jam melalui laut. Harga normalnya berkisar di angka Rp.350.000. Beruntungnya, gue dateng bareng Om Yayat, dan gue mengeluarkan uang Rp.200.000 aja karena yang mengurus tiket fast boat adalah teman beliau. Sesampai di Bali, tepatnya di Pelabuhan Padang Bay, gue diarahkan oleh mas-mas fastboat untuk naik angkutan travel ke arah Kuta. Kenapa Kuta? Karena gue akan menginap di rumah salah satu orang baik yang gue temui di Couchsurfing, orang baik itu bernama Kak Ayu.

Gue turun di sebuah minimarket di area rumah Kak Ayu. Itu adalah pengalaman pertama gue pake Couchsurfing! Pengalaman pertama untuk mempercayakan keamanan gue ke orang yang benar-benar asing. Kita hanya kontakan via Couchsurfing, yang kemudian berlanjut di Whatsapp, lalu semuanya berjalan gitu aja sampe tiba di satu situasi di mana gue keluar dari minimarket tersebut; bawa dua tas ransel sekaligus yang gue gendong depan belakang; gue jalan kaki nyari alamat Kak Ayu; dan gue sadar bahwa "it is getting real!". Maklum, gue baru kali itu solo traveling, dan gue memikirkan bahwa gue akan pindah dari satu host ke host lain, masih dari aplikasi Couchsurfing; gue akan ke Sumba sendiri dan masih belum jelas bagaimana caranya gue bisa explore Sumba Barat Daya sendiri, belum lagi pikiran soal kemungkinan ketinggalan pesawat, atau hal-hal lainnya! Tapi... setelah gue menjalankannya, ternyata solo traveling itu gak bener-bener mutlak sendiri! Kalau kata salah satu teman di instagram, solo traveling itu cuma sendiri saat kita pergi menuju tempat tersebut dan saat kita pulang ke tempat asal kita. Selebihnya, kita bakal ketemu temen-temen baru yang akan jadi kawan di perjalanan yang kamu sebut "solo" tersebut!

Contohnya, saat di Bali ini! Gue janjian sama salah satu teman dari instagram, namanya Diah. Kita sama-sama tinggal di Depok, tapi ketemunya malah di Bali! Kebetulan, Diah lagi di Bali juga saat itu, jadi semalam sebelum gue ke Bali, gue DM Diah dan ternyata doi juga enggak ada rencana untuk kemana-mana di hari besoknya. KLOP! Setelah menemukan rumah Kak Ayu dan ngobrol-ngobrol sejenak, gue nyamperin hostel tempat Diah menginap. Kita sewa motor, makan siang bareng, dan memutuskan untuk pergi ke Uluwatu!

Cerita di Uluwatu

Jarak dari daerah Kuta ke Uluwatu memakan waktu sekitar 45 menit. Gue sempet nyasar ke Pantai Padang-Padang, pantainya sepi, gue dan Diah cuma jepret-jepret sebentar dan langsung cabut buat menuju ke tujuan sesungguhnya.

Hello from Uluwatu!

Tujuan kita adalah Pura Uluwatu, tujuan utamanya adalah nonton tari kecak di tengah-tengah waktu matahari tenggelam! Gue udah membayangkan, menonton tari kecak dengan latar belakang langit jingga ke-ungu-unguan, ditambah dengan kobaran api yang dipertontonkan di pertunjukan tersebut, dan tari-tarian yang dibawakan oleh para penampil! Tapiiiiiiiiiii.. semua itu hampir menjadi sebuah angan-angan yang gak kesampean. HAMPIR ya.. hampir.

Kebayang gak sih, udah jauh-jauh ke Uluwatu, pake acara nyasar, udah masuk ke area Pura Uluwatu, dan orang-orang di sekitar lo ramai-ramai mengeluh satu sama lain "Yaaaah... tiketnya abis buat nonton kecak!", atau "Besok lagi aja mba datengnya agak siangan".
Keciwa.. Tapi gue gak kehabisan akal.

Sedikit bete karena kehabisan tiket. Akhirnya kita foto-foto dulu aja :D

Karena udah tanggung banget kalau enggak nonton tari kecak, akhirnya gue nyamperin ke gate in pertujukannya, nanya-nanya dulu soal tiket yang abis, dan untungnya bapak-bapak penjaganya responsif ke gue. Mereka tanya gue asalnya dari mana, lalu nyaranin gue buat dateng besok lagi. Gue bilang, gue dateng dari Lampung ke sini dan gue mau nonton tari kecak di Uluwatu. Dan.. gue dibolehin dong buat masuk, tapi bayarnya ke mereka secara diam-diam. Ini enggak fair sih, gue sadar :( maafkan usaha gue yang satu ini demi menonton tari kecak huhu!
Karena harga yang gue bayar juga sama dengan harga loket, jadi sebaiknya emang penonton yang datang lebih awal. Gue saat itu clueless juga sih kalau tiket akan habis secepet itu. Saat itu gue nyampe sekitar jam 4 sore dan tiket udah habis. Sebaiknya memang datang di awal waktu, ya!

Akhirnya kesampean, nonton tari kecak dengan latar langit ke-ungu-unguan!! Itu seru banget, sih. Salah satu bagian favorit gue adalah saat permainan api-nya dipertunjukkan. Worth to watch!

Seseneng ituuuu:')

Ketemu sama penonton lain dari Jepang. Karena keterbatasan bahasa, ngobrol dengan mereka jadi kocak gitu! Thank you, mates!

Setelah itu, malem-malem gue dan Diah pulang ke Kuta dan kita makan Nasi Pedes Bu Andika.
Kita cerita-cerita banyak haaal sampe udah mau jam 12 malam! Dan kita malah lanjut ke Legian!
Bukan, gue sama temen gue bukan mau main ke club-club di legian, too tired to joged, lol. Tapi, kita mau cari baju atau aksesoris lucu di sepanjang jalan Legian, niatnya :). Kita jalan kaki dari ujung ke ujung, tapi toko udah banyak yang tutup! Yah sudah deh, gue akhirnya dianterin pulang ke rumah Kak Ayu dan istirahat buat perjalanan di besok hari.

It was only a day, tapi ngerasa udah ke mana-mana, banyak yang dilewatin, dan banyak cerita yang dibagikan serta dibuat! Kalian juga bisa ke Uluwatu untuk menikmati matahari terbenam dan menonton tari kecak! Tapi, seenggaknya punya waktu yang kosong di hari itu, atau paling enggak flightnya yang lebih malem. Waktu itu, gue berangkat ke Uluwatu sekitar jam 2 atau 3 sore dari daerah Kuta dan sampai kembali di Kuta sekitar jam 8-9 malam. FYI, aku pernah sampai di Bali sekitar pukul 9 pagi, dan terbang ke Jakarta jam 9 malam. Transit yang lama banget!!:(

Nah, berdasarkan pengalaman gue, selain ke Uluwatu, kalian bisa menepi ke beberapa tempat lain, di antaranya Sundara Beach Club, jalan-jalan mengitari Legian, atau nyantai di Beach Walk!
  1. Sundara Beach Club
Letaknya gak terlalu jauh dari bandara, cuma sekitar 10 km. Waktu itu, gue cuma transit 5 jam di Bali dan sempet main sebentar ke sini.

Tempat ini terletak di tepi pantai Jimbaran, gak ada HTM-nya, dan tempatnya cukup oke. Ada kolam yang semi indoor juga, tetap terbuka dan bisa lihat view pantai, tapi ada atapnya jadi enggak panas! Kalau naik transportasi online, cuma sekitar 20 menit dari bandara I Gusti Ngurah Rai.
  1. Legian Shoping Street
Gue suka strolling around di Legian, banyak toko-toko yang jual baju-baju lucu, tas, dan aksesoris yang unik! Harganya juga bisa ditawar sampe murah. Waktu itu, gue sampe buka jastip tas rotan hahaha dan dibelinya di Legian sini! Lumayan buat jajan di Beach Walk. Kalau rada gerah di Legian, bisa merapat ke Beach Walk buat ngadem, nonton, dan yaaa menghabiskan waktu ajaa!
  1. Beach Walk Mall
Nah di Beach Walk ini gue menghabiskan waktu sampe bingung mau ngapain lagi! Letaknya juga di sekitaran Legian, jadi dari shopping2 di Legian, gue jalan kaki aja ke Beach Walk. Gue sempet nonton, makan dari satu tempat ke tempat lain, sampe bingung mau ngapain lagi! Tapi, kalau waktu sudah sore, kalian bisa merapat ke pantai kuta yang terletak depan-depanan sama Beach Walk. Lumayan buat nontonin sunset dan santai-santai aja. Karena saat itu gue bener-bener sendiri, jadi yang gue lakukan saat itu ya santaai banget dengan diri sendiri. Motret-motret, baca buku, bengong sambil nikamatin matahari sore, me-time yang sangat menyenangkan kala itu^^

Sunset di Pantai Kuta, lokasinya tepat di sebrang Beach Walk

That's a wrap for my Bali trip! Semoga memberi gambaran tentang bagaimana menghabiskan waktu sehari di Bali. I am looking forward to another visit to Bali, see you!!