Dari Labuan Bajo ke Sumba

By Wulandari Robyanti - July 04, 2019

Tulisan ini dibuat setelah hampir 10 bulan gue kembali dari NTT dengan total trip 15 hari. Gue menghabiskan 7 hari di Sumba setelah sebelumnya mengelilingi Labuan Bajo, Sumbawa, Lombok, serta Bali.
Tulisan ini juga dibuat agar gue enggak lupa dan punya catatan yang rapi dalam satu tulisan. Kalau suatu saat tulisan ini menemukan pembacanya, semoga dapat memberikan gambaran tentang perjalanan menjelajah timur Indonesia. Dan ya, selamat membaca!
-
Cerita ini berawal dari project iseng dan super impulsif antara gue dan travelmate gue. Awalnya iseng melalui IG story "Kalau gue buka open trip ke Labuan Bajo, pada mau ikut gak?", dan ternyata mendapat banyak tanggapan positif.
Engga pake pikir panjang, kita langsung design poster hanya dengan bermodalkan fitur-fitur di IG story dan deklarasi kalau kita akan buka trip ke Labuan Bajo! Iya, seimpulsif itu emang, atas dasar rindu Labuan Bajo dan ingin menunjukkan pada lebih banyak orang lagi kalau Labuan Bajo is worth to be visited! Oh iya, kalau mau ke Labuan Bajo, berhubung destinasinya adalah pulau-pulau, sangat disarankan live on board (LOB). Karena LOB ini, kalian gak usah pusing di sana bakal gimana, semua makan, minum, tidur, entrance pulau-pulau, udah include ketika kalian bayar paket LOB. Jadi, yang tinggal kalian pikirkan adalah transport dari dan menuju kota asal. Mau naik pesawat? Atau via darat dan nyebrang dengan kapal laut? Bisa. Karena gue naik pesawat, jadi gue gak punya pengalaman untuk jelasin cara lain untiuk sampai di Labuan Bajo.


Pulau Kelor, spot foto mainstream, tapi tetap terbaik!

Trip tersebut dibuka dengan destinasi Labuan Bajo, sunset di Bukit Cinta, mampir ke pulau-pulau cantik, seperti Kelor, Pink Beach, Pulau Komodo, Banta, mampir ke Manta Point, dan tentunya singgah ke Pulau Padar. Lanjut ke Sumbawa, mampir di Pulau Moyo; mandi di Air Terjun Mata Jitu!, Pulau Kenawa, lalu menepi ke Lombok. Gue udah dua kali sailing dengan rute seperti ini, bedanya di yang pertama gue sailing dari Lombok ke Labuan Bajo, dan gue bisa bilang kalau rute ini merupakan satu paket wisata yang lengkap dan enggak bakal nyesel untuk dilakukan!


Bukit Cinta

Sunset di Bukit Cinta, I promise you a magnificient sunset here!

Salah satu pengalaman yang mungkin peserta trip gue enggak akan lupakan adalah pengalaman live on board selama 5 hari 4 malam. Kebayang, gak? Terombang-ambing di tengah laut selama 4 malam! Kerjaan kita saat itu berenang, tracking, berenang lagi, berjemur sampe kering, berenang lagi, repeat. Makan, mandi, tidur, semua di kapal! Belum lagi, angin saat itu rada enggak santai, beda banget saat gue sailing pertama kali di April 2017. 
Tapi, dengan view-view yang luar biasa cantik, apalagi sunrise dan sunset di kapal, siapa yang bisa nolak?

Lihat kan, cantik banget si Padar? ini Pulau Padar saat kering, sekitar bulan september-oktober

Pink Beach.. Jujur enggak se-pink itu ya pasirnya! 

Setelah Labuan Bajo, kami bertolak ke perairan Sumbawa. Perjalanan dari Labuan Bajo sekitar 15 jam di kapal. Karena itu, mulai dari sunrise, siang terik, sampe sunset, semua kita dapetin dengan view laut dan bukit-bukit cantik. Kita juga lewatin Gunung Sangian Api saat sunset, jujur cantik banget!!


Tahun 2017 ngelewatin ini dengan rute Lombok-Labuan Bajo, udah terkagum-kagum dengan kemegahan gunung di tengah lautan ini. Sekarang dapat sunset di sini, lucky us!

Besok paginya, kita mampir di Pulau Moyo, satu-satunya sumber air tawar yang gue temui saat sailing. Bahagia banget sih kita main air di Air Terjun Mata Jitu, seseneeeng itu!! Gelantungan di akar gantung, wah seru banget deh, enggak banyak foto-foto karena terlalu nikmatin moment!

Destinasi terakhir di sailing kemarin adalah Pulau Kenawa. Nyampe di Kenawa saat sunrise, tapi terlalu mager bangun pagi jadinya matahari udah naik. Tapi, tetep aja ini pulau keren banget, jujur enggak pernah ngecewain, mau musim hijau atau musim kering, dua-duanya keren banget savananya!! Pokoknya, harus banget dateng ke sini!


Ini Pulau Kenawa, spot paling terinstagrammable di pulau-pulau sekitaran Sumbawa!

Dari Pulau Kenawa, kapal menepi ke pelabuhan di Lombok sekitar jam 10 pagi. Ini saatnya one day tour keliling-keliling Lombok! Setengah hari di Lombok udah bisa ngunjungin banyak tempat, lho! Gue mampir ke Pantai Kuta, Desa adat Sade, dan tentunya Tanjung Aan sekaligus Bukit Merese untuk sunset. Rombongan trip gue dibagi jadi dua mobil, kalau engga salah kita bayar sewa mobil sekitar 100ribuan per orang. Satu hari aja udah puas banget sih buat gue, karena akhirnya kesampaian untuk main ke Bukit Merese. Salah satu sunset spot terkeren di Lombok yang udah lama gue impikan! Oh iya, rute ini bisa kalian contek, tapi trip ini harus live on board ya. Harus pake transportasi kapal yang memang punya rute pelayaran seperti ini. Gue kemarin buka open trip di @yourtavelmate.id, boleh tanya2 :)


Seneeng ketemu bocil-bocil di Sade. Mereka excited banget waktu aku foto.
Foto ini aku print langsung dan aku kasih ke mereka.
Mandatory photo spot while in Sade..
Jujur aslinya bagus banget beb.. Mau nangis :((( hahahaha

Is a happy kid in her happiest playground!

Di Lombok, gue nginep semalem, di hotel yang murah banget tapi kualitasnya bagus. Satu kamar berdua, jadinya cuma 70 ribu satu orang, kamarnya besar, kasurnya double, plus dapat sarapan! Gue lupa namanya apa karena waktu itu yang ngebook temen gue.

Besoknya, setelah sarapan gue ke Pelabuhan di Pamenang untuk naik fastboat ke Bali. Gue dianterin Om Yayat ke pelabuhan yang berjarak kurang lebih 45 menit dari Kota Mataram. Maksud hati ke Bali cuma mau transit untuk penerbangan selanjutnya. Tapi, cerita berlanjut jadi lumayan panjang.. padahal cuma satu hari gue transit di sana, 24 jam pun gak nyampe!
Gue tiba di Bali sekitar jam 11 siang, besoknya cabut ke destinasi selanjutnya sekitar jam 9 pagi. Cerita lengkap tentang perjalanan satu hari di Bali gue tulis terpisah di post gue yang ini.

Tujuan berikutnya adalah destinasi impian gue sejak gue masih baru-baru lulus SMA, tepat 4 tahun lalu. Karena udah di tengah-tengah Indonesia; gue juga baru lulus kuliah yang artinya gue punya banyak waktu luang, gue ngerasa akan tanggung banget kalau gue gak memutuskan untuk lanjut ke SUMBA. Itu adalah kali pertama gue ngerasa deg-degan saat mau take off. Bukan, bukan karena takut atau apa, tapi karena itu pertama kali gue solo travel yang jauh, enggak kenal siapa-siapa dan enggak bareng siapa-siapa!! Bahkan gue rasa solo travel ke negara-negara tetangga lebih aman dan jelas, daripada solo travel ke Sumba yang transportasi umum pun engga ada. Karena temen-temen gue engga ada yang bisa diajak, jadi yaa mau gak mau, gue harus ke Sumba walaupun sendiri. Deg-degannya bukan ke arah takut karena jalan sendiri sih, justru gue ngerasa yakin dan enggak ada ragu, alias gue emang banyak sotoynya, cuman itu tuh sangking excitednya jadi kayak "wah anjir gue beneran ke Sumba?!?!?!?" ngerti gak siiih :DD

Gue terbang ke Waingapu, Sumba Timur. Saat itu, gue masih clueless akan nasib gue di Sumba. Gue cuma tau satu orang di sana, namanya Bang Vecky, itu pun berawal dari temennya temen gue. Truly grateful since my friend was such a door opener for this journey--alias ikutan gue repotin✌.

Yang gue tau, gue akan explore bareng Bang Vecky selama weekend karena dia kerja di weekdays, dan gue akan tinggal bersama orang lokal yang akan menjadi host gue. Orang lokal itu gue approach melalui aplikasi bernama Couchsurfing. Gue sampe di Sumba di hari Jumat, sengaja naik pesawat dan sengaja ke Sumba Timur dulu karena ngejar timing yang pas, besoknya langsung weekend supaya bisa explore sama Bang Vecky. Setidaknya dua hari pertama gue di Sumba, gue udah "aman" deh. Selebihnya? Gue bakal ngapain? Ke mana? Gue udah riset-riset sih, gue udah nentuin beragam opsi, dan dengan kesotoyan gue, gue yakin gue bisa explore sampe Sumba Barat, apapun cara yang semesta tunjukkan..


Hai, Tanah Humba!

Perjalanan ke Sumba ini adalah salah satu perjalanan paling berharga yang pernah gue alami, perjalanan yang ngebuka mata gue tentang "traveling". For those who were involved in, I am truly saying thank you :)
Cerita lengkap tentang Sumba akan gue tulis di kiriman terpisah. Mungkin akan banyak sisi emosionalnya, karena ya itu yang gue rasakan selama di sana. Bahkan sebanyak apapun gue mengucap terima kasih buat orang-orang baik yang gue temui, gue pikir itu gak sebanding dengan seberapa besar gue merasakannya..

Sampai jumpa, di kiriman selanjutnya.

Every good wish,
@wulandarirobyanti

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Tulisan ini akhirnya menemukan pembaca nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha 😂 terima kasih sudah menjadi pembacanya!

      Delete
  2. suka banget sama cerita pengalamannya, salut berani banget deh solo travelling kaya gitu, gue juga suka banget jalan-jalan tapi ga sendiri hehe, dan suka ngabadiin momen lewat video, I hope someday kita bisa jalan-jalan bareng.

    Again, I'm a fan of your stories!

    ReplyDelete