Jalan-jalan dan Kulineran di Kota Solo!

By Wulandari Robyanti - January 11, 2020

Bicara tentang Solo adalah bicara tentang sebuah kota dengan beragam kuliner enak dan murah. Menurut gue sendiri, Kota Solo ini masih cukup underrated, gak banyak orang di sekitar gue yang tertarik untuk jalan-jalan ke Solo.

Ketika gue ngajak temen-temen buat ke Solo bareng, gak jarang gue dapet tanggapan seperti
"Lan lo mau ke Solo? Emang di Solo ada apa aja?"
"Oh Solo setau gue cuma kuliner sih, wisata gitu kurang ya"

Nah, ketika gue ke Solo, gue malah ngerasa dua hari aja masih kurang! Banyak tempat yang bisa dieksplor dan kuliner yang wajib dicoba saat di Solo! Here is the recap of its story!

How to Get to Solo

Ada banyak pilihan transportasi kalau kamu berangkat dari Jakarta. Simpelnya, tinggal naik pesawat atau naik kereta. Gue pilih kereta malam "Senja Utama Solo" yang berangkat jam pukul 10 malam dan tiba jam 7 pagi.

What to Visit in Solo

Seperti yang gue bilang sebelumnya, ada banyak tempat yang gue eksplor. Nah ini dia 10 tempat yang bisa dikunjungi kalau kamu jalan-jalan ke Solo!

1. Istana Mangkunegaran

Setelah sebelumnya pernah datang ke berbagai keraton di Jawa, Istana Mangkunegaran ini satu-satunya keraton yang pernah gue kunjungi yang memperbolehkan kita masuk dan melihat seluruh isi keraton. Mulai dari tempat menerima tamu, tempat penyimpanan barang-barang peninggalan, sampai singgasana dan tempat meditasi raja.

Tempat raja menerima tamu
Pendopo tempat banyak acara keraton digelar

2. Benteng Vastenburg

Area benteng ini luas dan dikelilingi tembok-tembok tinggi. Kalau untuk foto-foto paling cuma di depannya aja ya, tapi spot fotonya menarik!

Gerbang Benteng Vastenburg

3. Pasar Klewer

Pergi ke Solo jangan lupa belanja batik! Pasar ini dekat dengan Keraton Surakarta, jadi habis ke keraton bisa deh main-main ke Pasar Klewer. Harganya murah-murah dan produknya cukup oke, cocok untuk ngantor. Udah borong banyak pun gak bikin kantong kering! Satu piece atasan mulai dari 50 ribu-an, bergantung bahan dan kualitas, bahkan aku ketemu yang cuma 30rb aja lho, masih bisa ditawar :)

4. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe merupakan pabrik gula di era Mangkunegaran IV sekitar tahun 1860-an. Sekarang sudah beralih fungsi menjadi museum, tempat wisata, dan juga sering dijadikan venue berbagai event. Buat yang suka foto-foto, pasti seneng nih ke De Tjolomadoe, banyak spot instagramable. Best time untuk datang ke sini adalah sekitar jam 3 sore, matahari udah gak panas dan bisa punya banyak waktu untuk foto-foto sebelum matahari tenggelam.

5. Grandis Barn

Grandis Barn adalah sebuah cafe kekinian yang instagramable, tempatnya deket banget dengan De Tjolomadoe. Makanan enak dan harganya oke, staffnya juga ramah-ramah. Salah satu menu yang aku pesan memberikan free satu gelas minuman. Tapi karena aku datang berdua, temanku juga dikasih free 1 gelas!:)

6. Kampung Batik Laweyan

Sebuah ‘perkampungan’ yang isinya para pembuat batik rumahan, jalan-jalan di sini juga seru karena setiap sudutnya unik, gerbang pintu yang khas, tembok-tembok yang dilukis. Waktu muter-muter di Kampung Batik Laweyan, gue juga gak sengaja melewati proses pembuatan batik cap. What an experience, kalau datang ke suatu tempat jangan lupa explore more ya!!

7. Kampung Batik Kauman

Ketimbang Kampung Batik Kauman, spot-spotnya lebih menarik di Kampung Batik Laweyan. Tapi kalian juga bisa belanja batik di sini, ada beragam jenis, batik print, batik cap, sampai batik tulis. Nah, Kampung Batik Kauman ini lokasinya berdekatan dengan Keraton Surakarta / Keraton Kasunanan. Jadi, bisa mampir ke sini sehabis dari Keraton.

8. Keraton Surakarta Hadiningrat

Berbeda dengan Keraton Mangkunegaran, Keraton Surakarta ini enggak boleh diakses untuk umum. Jadi, kita cuma bisa foto-foto di luar aja. Tapi, masih ada Museum Keraton Surakarta yang dibuka untuk umum. Di museumnya, ada banyak banget peninggalan era kerajaan, mulai dari alat-alat makan jaman dahulu, alat-alat untuk panen padi, pedang, sampai kereta yang dipakai para raja!

Kalau ke Keraton Surakarta, gue saranin pakai jasa becak untuk muter-muter di komplek keraton yang luas. Banyak spot-spot unik yang didominasi warna putih dan biru muda. Naik becak di area keraton ini menyenangkan dan menenangkan!

9. Pasar Barang Antik Triwindu

Namanya juga pasar barang antik, jadi jangan heran kalau isinya beragam barang-barang jadul dan unik! Mulai dari telepon jadul, koper tua, radio antik, lampu minyak, sampai penyiram tanaman ataupun toples kerupuk yang bernuansa vintage dan lucu-lucu banget! Tutupnya sekitar jam 4 – 5 sore, pasarnya kecil, dan lokasinya deket banget sama Istana Mangkunegaran.

10. Alun-alun Kidul Kota Surakarta

Terakhir, sebelum pulang atau melanjutkan perjalanan, wajib mampir ke Alun-alun Selatan Kota Surakarta atau biasa disebut Alun-alun Kidul! Gue selalu seneng berpergian di kota yang alun-alunnya “hidup”.  Sebelumnya gue gak ada bayangan tentang alun-alun ini, pas ke sini ternyata rame banget, pasar malam dengan beragam wahana yang dipertanyakan keamanannnya 😝  Gue juga naik satu wahana yang diputar-putar sampai pusing, gak tau namanya apa tapi itu ditarik oleh tenaga manusia yang berjumlah tiga orang, so far seru! Banyak jajanan juga di sini, gue beli gurita yang dicincang-cincang dan dimasak sekali banyak. Buat gue yang jarang datang ke tempat semacam ini di Jakarta, Alun-alun Kidul ini seru banget kalau pergi bareng temen-temen 😁

Pertunjukan Motor Gila

What to Eat in Solo / Kulineran di Solo!!

Nah ini yang jadi pentolan Kota Solo. Jujur makanan di Solo enak-enak banget, walaupun banyak didominasi rasa manis. Sayangnya gue gak sempet nyoba semua makanan yang udah gue list, ada yang karena gak sempat, ada juga yang karena gue kesorean datangnya dan udah tutup.

1. Nasi Kikil Bu Cilik

Ini makanan pertama yang gue coba di Solo, pagi-pagi, baru sarapan udah yang berkolestrol :)) Ini salah satu makanan yang pengen gue 'repurchase' karena enaknya simpel.. kayak, ya udah enak aja gitu tanpa cela 🤤 gue minta tambahan telor dadar yang rasanya manis banget tapi enak, serta daun pepaya yang sama sekali gak pahit.

2. Tengkleng Klewer Bu Edi

Ini tengkleng legend yang wajib dicoba, super lembut, gurih, enak! Kalau kalian datang ke Solo, hampir semua orang merekomedasikan tengkleng satu ini, jangan lupa pesan sate kambingnya juga!

3. Selat Solo Viens

Gue bingung ini juga enak 😭🤣 Bagi yang belum tau, Selat Solo adalah semacam bistik daging, disertai dengan kentang, selada, potongan wortel, buncis, juga dilengkapi dengan kuah yang seger! Jujur satu porsi pun kurang, hahaha.

4. Serabi Notosuman

Gue gak beli langsung ke storenya, tapi gue makan karena disuguhi oleh pemilik airbnb kami untuk sarapan. Makan dua biji aja gak abis, karena porsinya gede banget menurut gue, tapi satu doang kurang soalnya nagih banget serabinya!

5. Bakso Alex

Bakso uratnya mantap, kuahnya juga seger. Buat pecinta bakso pasti sukaa.

6. Susu Shijack

Sebenarnya ini kedai susu biasa di pinggir jalan. Tapi gak tau kenapa, kalau ke Shijack, ada rasa yang gak biasa dari tempat ini, mungkin karena itu tempatnya selalu rame dan selalu dijadikan tempat nongkrong. Tempatnya hanya tendaan di pinggir ruas jalan, menjual beragam jenis susu murni, mulai dari yang plain sampai beragam rasa kekinian. Semacam angkringan yang juga menjual beragam makanan, baik itu cemilan seperti ketan ataupun nasi kucing dan telor puyuh. Favoritku susu murni tanpa campuran rasa apapun, plus roti bakar coklat, perfecto!

Sedihnya, masih banyak juga kuliner Solo yang belum gue coba, ini list selanjutnya kalau mau kulineran di Solo:

1. Pasar Gede Solo, ini ada banyakkk banget makanan pasar yang reviewnya enak-enak semua! Super nyesel kemarin gak memprioritaskan ke Pasar Gede. Ketika ke sini sore-sore malah sudah pada tutup.

2. Timlo Sastro, setau gue dulu ada di Pasar Gede Solo, tapi udah buka store sendiri juga di beberapa tempat.

3. Bakmi Ketoprak Yu Nani, sedihnya pas gue samperin sore-sore ternyata udah tutup.. jadi dangan lupa cek jam tutup kalau mau kulineran di Solo. Jangan sore-sore karena selain udah mau tutup, juga makanna udah pada abis.

4. Nasi Liwet Sani / Nasi Liwet Yu Tukinem, agak nyesel juga gak makan liwet karena banyak yang rekomendasiin untuk nyoba liwet di Solo

5. Gudeg Ceker SMAN 1

6. Soto Gading

7. Es Tenterem, di belakangnya ada Wedangan Ngarsupuro yang juga recommended

8. Toko Roti Orion

9. Sate Kambing Pak Manto

10.  Toko Roti Orion

11. Masih banyak lagiii!

Nah, buat kamu pecinta kuliner dan penyuka jalan-jalan bertema "city tour", Kota Solo adalah paket lengkap yang harus kalian datengin!

TIPS

1. Datang bersama teman! Sebenarnya oke banget untuk solo trip di Solo, tapi karena kuliner di Solo banyak banget, lebih seru kalau bisa sharing berbagai varian menu bareng-bareng!
2. Untuk gampang mobilisasi, ada opsi sewa motor mulai dari 50 ribu per 12 jam, tapi ya panasnya lumayan kalau motoran! Solo ini kotanya gak begitu gede, jadi kemana2 deket!
3. Atur waktu. Kalau mau datengin banyak tempat dan menuhin wishlist kamu, siapin waktu yang efisien dan siapin perut juga untuk kulineran!
5. Untuk atur itinerary, kunjungi beberapa tempat yang berdekatan dalam satu waktu. Seperti Pasar Triwindu, Istana Mangkunegaran, yang juga satu daerah dengan Ngarsopuro Night Market. Keraton Surakarta, Pasar Klewer, Alun-Alun Kidul terletak di satu area. De Tjolomadoe bisa di sore hari dan bisa dinner di Grandis Barn yang berdekatan.
6. Banyak airbnb lucu di Solo, rekomendasi gue adalah menginap di Omah Jajar. Rumahnya nyaman banget, artsy, harga murah, dan jarak terjanagkau. Oh iya, kalau menginap di Airbnb, bisa pake link gue dan dapetin travel credit up to 600-an ribu! Linknya di sini yaa -> bit.ly/wulanbnb

Okay, that's a wrap about my journey, semoga tulisan ini bisa membantu untuk kalian yang berencana menjadi turis di Kota Solo! Sampai jumpa!