One Day Trip Geopark Ciletuh

By Wulandari Robyanti - September 02, 2021

Dengan jarak yang gak begitu jauh dan bisa ditempuh di hari yang sama, pergi ke Sukabumi bisa jadi pilihan buat temen-temen yang emang tinggal di Jakarta dan cari pemandangan hijau selain ke daerah Sentul atau Puncak. Ada banyak tempat yang bisa didatengin di Sukabumi, sebelumnya gue juga udah pernah ke Curug Cikaso dan Situ Gunung. Sayangnya, kemarin gak bisa ke Situ Gunung karena masih ditutup sehubungan dengan PPKM. Jadi, gue memutuskan untuk pergi ke Geopark Ciletuh. Akhirnya gue jadi ngerti kenapa orang-orang pada pergi ke Ciletuh. Padahal, mungkin bagi sebagian orang itu "cuma" air terjun dan ke Bogor juga ada, gak perlu ke Sukabumi. Jujur kalau ada kesempatan, atau ada yang ngajak, gue mau-mau aja balik ke sana, soalnya yang gue seselin cuma satu sih: kurang punya banyak waktu di sana 😂


How to Get There

Gue dua kali ke Sukabumi, pernah naik mobil travel start dari Plaza Festival, Kuningan, pulangnya naik kereta selama 3 jam dari Kota Sukabumi ke Stasiun Bogor, nah dari Bogor lanjut lagi naik KRL. Cuman, lagi pembatasan begini kan agak ribet ya naik kendaraan umum, harus ada STRP juga.

Pilihan lainnya bisa naik bus MGI, ada yang ke Sukabumi Kota, ada yang ke Pelabuhan Ratu juga. Kemarin gue sempet beberapa kali berpapasan sama bus ini. Tapi kalau naik kendaraan umum, sampai sana harus sewa kendaraan lagi ya, karena pilihan tranportasi umum di sana juga gak ada untuk menjangkau curug-curugnya.

Pilihan yang paling nyaman ya tentu membawa kendaraan sendiri. Tapi, harus hati-hati, menuju ke Ciletuh akan banyak jalan berkelok-kelok naik dan turun, periksa rem sebelum berangkat, dan kalau bisa sih jangan pake mobil yang ceper kecuali bisa mastiin bawanya pelan-pelan dan hati-hati, menuju curug banyak jalan bebatuannya soalnya. Tapiii, jalan lintas menuju ke Ciletuh dan jalan utama tuh bagus banget!! Alus, gak ada bolong2. Kanan kiri banyak jurang, kebayang kalau hujan pasti licin dan bahaya ya.. Jadi jangan lupa cek cuaca sebelum ke sana!

Bagus ya, lahan di pingir jalan yang kita lewatin aja bisa estetik 😂


Where to Stay

Gue merekomendasikan untuk menginap di Ciletuh, karena banyak banget yang bisa dieksplor. Kemarin gue cuma one day trip, dan percayalah cape banget 😅. Itupun gue hanya pergi ke curug-curug ya. Gak ke pantai karena waktunya mepet dan lebih memprioritaskan pergi ke curug aja. 

Banyak homestay yang disewakan lho di sana, mulai dari rumah warga sampe bangunan-bangunan baru dan kekinian. Harganya juga terjangkau ya, gue denger sewa homestay yang disediakan warga sekitar curug bisa cuma 200rb satu rombongan, tapi bergantung lokasi dan untung-untungan juga ya. Better untuk book dari sebelum berangkat, atau minta tolong carikan dengan guide di sana, nanti di akhir akan gue kasih kontak guide yang gue pake ya.

Kalian juga bisa stay di Kota Sukabumi, tapi perjalanan one way memakan waktu 3 jam lho, jadi cape juga di jalannya. Pilihan tempat menginapnya bisa dicari sendiri di online travel agent. Kalau mau cari penginapan murah, gue pernah nulis soal hal tersebut di sini.


What to Explore

Gue bisa bilang, curug di Sukabumi ini keren-keren banget! Bener aja namanya Geopark, karena memang sebuah warisan geologi yang mencirikan terbentuknya Pulau Jawa puluhan juta tahun yang lalu. Kalian harus dateng sendiri deh, kawasan curugnya beneran gede banget! Fasilitasnya juga udah oke, banyak yang jual makanan, rapih, dan tetap dijaga kealamiannya.

Curug Cimarinjung


Ada pelangi!
Curug pertama yang kita kunjungin, dan yang paling effortless! Ke sini cuma perlu jalan lurus aja dari parkiran 😂 sepertinya ini juga curug yang infrastrukturnya udah paling "jadi" ya, karena yang lain tuh masih dalam tahap pembangunan juga.

Curug Cimarinjung ini cukup gede lho aslinya, dari jalan raya di kejauhan pun keliatan!

Di sini bisa berenang, kebetulan cuaca juga bagus jadi airnya gak deras dan aman. Kalau hujan, air bakal menuhin curug sampe ke batu-batu di bawahnya. Cuman, kata guide gue, ada curug lain yang lebih worthy buat berenang, namanya Curug Cikanteh, gue jelasin di bawah nanti yak!

Curug Sodong


Airnya kecil, tapi ada dua aliran gini jadi cantik!

Gak terlalu banyak menghabiskan waktu di Curug Sodong, karena saat itu udah jam 12 dan lokasinya bener-bener kepapar sinar matahari, panas banget! Jadi gue cuma lewat dan ambil beberapa foto aja.

Curug Cikanteh


Lihat curug besar di atasnya!

Aliran air di foto ini merupakan aliran dari curug besar di atasnya. Untuk sampai ke sini, perlu mendaki dari Curug Sodong. Medannya gak terlalu sulit ya, tapi lumayan bikin ngos-ngosan lah 😂

Nah, yang agak menanjak dan harus sampe manjat batuan-batuan besar tuh saat kita mau naik ke curug yang paling atas. Makanya, penting banget pake alas kaki yang mendukung. Sebenarnya, jalan ke atas gak begitu panjang. Cuman, batunya gede-gede banget dan beneran kayak manjat dari satu pijakan ke pijakan lainnya. Menurut gue, turunnya lebih menyeramkan dibanding naiknya. Tapi, it's all super worthy!

Enggak punya foto lainnya di sini, udah excited banget pengen nyemplung!

Seru banget bisa berenang di kolam segede ini, langsung dari alam! Airnya bersih banget, warnanya hijau menandai kalau airnya dalam, jadi enak kan untuk berenang! Tapi hati-hati ya, banyak batu licin dan ada yang tajam juga.

Things to Know

1. Berangkat pagi-pagi is a must!

Karena banyak banget yang bisa dieksplor di Ciletuh, semakin pagi nyampe semakin bagusss. Gue nyampe di Ciletuh sekitar jam setengah 9, meleset dari target semula yaitu jam 8. Kalau kalian gak berencana nge-skip beberapa destinasi kayak gue, sebaiknya datang lebih pagi ya, karena harus spare waktu buat makan dan istirahat juga.

2. Bawa cash!

Kayaknya gue gak liat ada ATM yah di sana, dan sebagian besar di sana merupakan warung-warung kecil yang pembayaran masih pakai cash. Jadi jangan lupa buat nyediain uang tunai dengan pecahan kecil-kecil ya! Selain buat parkir, di sana baka ngelewatin beberapa tikungan curam atau pekerjaan jalan yang mengakibatkan jalanan cuma bisa searah, nah bakal banyak tuh orang lokal yang stand by buat ngarahin pengguna jalan 😂 kasih recehan won't hurt lah ya. 

Gue kemarin bawa cash 750rb berdua, cukup lah buat semuanya, itu juga masih sisa. Pengeluaran terbesar selain di bensin, makanan, gue rasa sih di bayar guide yah. Untuk tiket masuk, semuanya seikhlasnya pengunjung aja.

3. Guide terpercaya

Kemarin gue dapet guide lokal yang gue cari di instagram. All was ok la guidenya, untuk fee mereka mematok harga 200ribu untuk satu rombongan. Tapi, karena gue bilang gue gak ke pantai, Aa-nya bilang feenya turun jadi di bawah itu. Nah, untuk kontaknya bisa ke Whatsapp 0857-5965-9338. Mereka akan guide kita, tapi enggak menyediakan kendaraan ya. Jadi kita pindah dari satu tempat ke tempat lain pakai kendaraan kita sendiri, sedangkan Aa-nya pake kendaraan (motor) terpisah.

4. Cek cuaca

Gue beruntung ke Sukabumi gak pas hujan. Hari itu cerah banget ya, sedangkan besoknya mendung 😂Better kalau hujan gak ke sana deh, sayang udah jauh-jauh tapi gak dapet destinasinya karena memang gak mendukung buat didatengin. Gue pernah ke Sukabumi pas musim hujan, November, sedih deh karena curugnya coklat dan gak bisa turun ke air karena deres banget alirannya.


Overall, Geopark Ciletuh harus banget sih masuk ke wishlist yang bisa didatengin. Kalau cukup nekat ya bisa one day trip dari Jakarta.. tapi paling bener sih nginep dulu either di kotanya atau langsung di Ciletuh. Hati-hati dan tetap bertanggung jawab ya, jangan buang sampah sembarangan! Anyway, I'll update the rest of this journey on my Instagram ya, see ya there!


Every good wish,
@wulandarirobyanti


  • Share:

You Might Also Like

0 comments